Menteri paling nyentrik sejagad

Minggu ini, setelah pelantikan pak Jokowi jadi presiden ke 7 sejak Republik ini berdiri, media mulai mengarahkan sorot kameranya ke bu Susi Pudjiatuti yang dipercaya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Penampilannya yang nyentrik, perokok berat dan bertato adalah sebagian kecil yang menjadi soroton kamera, yang paling dikritisi adalah karena beliau tidak lulus wajib belajar 9 tahun. Beliau hanya tamatan SMP.

Siapa tidak kenal Bu Susi, beliau adalah pengusaha yang merangkak dari nol, yang punya 50 pesawat yang dilabeli dengan namanya Susi Air. Hanya satu-satunya di Indonesia, perempuan pula. Dari dulu saya selalu mengagumi keberhasilan dan kesuksesan beliau. Awal mengenal beliau ketika secara berseri majalah wanita langganan saya menghadirkan beliau sebagai profil yang diterbitkan berseri. Orang yang bergerak di Kelautan dan Perikanan akan sangat tahu siapa beliau.

Sungguh saya tidak menyangsikan kemampuannya yang mumpuni. Saya pengagum beliau, tapi untuk menjadi menteri di Kementerian tempat saya nyangkul ini sungguh rasanya belum tepat. Seorang menteri adalah pembuat kebijakan, pembuat regulasi, harus orang yang memiliki kepakaran di bidang kelautan dan perikanan. "Bidang Kelautan dan Perikanan". Satu hal yang  pasti, tidak seperti yang orang bayangkan tentang Kementerian ini. KKP bukan hanya soal perikanan dan produknya, ada kelautannya yang didalamnya ada zonasi, garam, BMKT, konservasi, rehabilitasi, pengawasan, dan masih banyak lagi.   Sungguh sangat kompleks tugas berat yang harus beliau emban. Bahwa beliau adalah orang hebat tak tersangsikan, semoga saya bisa terwarnai kehebatan beliau.

No comments