Pulau Saronde, Gorontalo

Kenalkan...ini Pulau Saronde, pulaunya cantik, air lautnya biru jernih, hamparan pasirnya putih, sungguh mengundang decak kagum. Daratan mengapung ini merupakan pulau kecil tak berpenghuni kebanggaan Provinsi Gorontalo, di utara Teluk Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. 
 
Kecantikan yang sempurna... Pulau Saronde

Bagi yang hobi beraktifitas di air seperti berenang, berselancar, menyelam, snorkeling, dan ski air, disini tempatnya. Bukan hanya hamparan alamnya yang mempesona, masyarakat di sekitar Pulau Saronde juga dikenal memiliki tradisi yang unik. Pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada Festival Saronde yang kerap diadakan bulan Juli, mereka sering mengadakan lomba adu cepat ketinting (perahu bermesin diesel) mengelilingi sebuah pulau di sekitar Pulau Saronde.
 
Saat ini, sudah ada tambatan perahu

Bagaimana menuju ke sana?  Begitu mendarat di  Bandar Udara Djalaluddin Gorontalo, kamu dapat menggunakan jasa bus, mikrolet, bentor (bendi motor), atau mobil sewaan untuk menuju pelabuhan di Kota Kwandang. Jarak antara Kota Gorontalo dan Teluk Kwandang sekitar 50 kilometer. Setelah sampai di Pelabuhan Kwandang, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu besar menuju Pulau Saronde, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Sampai deh di Pulau Saronde.  Jika memerlukan penginapan,  kamu dapat menginap di pulau ada penginapan yang dikelolala oleh pemda setempat, atau bisa kembali ke di Kwandang, Ibu Kota Gorontalo Utara. Di kota ini kamu juga bisa mencari berbagai suvenir dan menikmati menu-menu masakan khas Gorontalo Utara.
Penginapan di pulau Saronde, keren kan...


3 comments

  1. bagus jg pantainya, sayang foto situasinya kurang banyak :-)
    Ini kebetulan lg sepi atau memang sepi ya, Yha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ini siapa yah...Thanks udah visit hehehe. Iyya pantainya bagus dan kami cuma mampir sebentar. Karena dah sore waktu itu, jadi gak sempat explore lagi. Mudah2an berkesempatan ke sana lagi. Aamin

      Delete
    2. eh maaf.....salam kenal ya :-), saya Ayu. Saya seneng aja liat tulisan Kak Samya. semoga bisa lebih banyak tempat yg dikunjungi jd bisa tambah banyak tulisan2nya ditempat ini.

      Delete