LIBURAN SINGKAT KE LEGOLAND MALAYSIA VIA BATAM


Awalnya cita-cita emak ini terbentuk ketika melihat si bontot 3F yang suka sekali bermain Lego, dan emaknya ini kebetulan suka banget traveling, dimerger jadilah terbetik ide, bagaimana kalau kita ke LEGOLAND saja? tentu saja legoland yang ada di Malaysia, bukan di Billund Denmark sana hehehe. Legoland Malaysia dibuka di Nusajaya , Johor , Malaysia pada tanggal 15 September 2012 menyusul para pendahulunya, yaitu Legoland di Billund, Denmark yang merupakan yang tertua di dunia yang dibangun tahun 1968,  lalu disusul Legoland California, Windsor, Florida, Deutschland. Legoland Malaysia merupakan  Legoland pertama di Asia, kabarnya legoland Korea dan Nagoya akan menyusul menambah legoland di wilayah Asia, untuk Timur Tengah Dubai mempersiapkan diri menjadi lokasi Legoland selanjutnya. Indonesia kapaannn yah.



Nah...Begitu ide ini dilempar ke kiddos, mereka tentu saja dengan girang menyambutnya, dan emak pun kewalahan di tagih kapan…kapan…kapan. Dan karena emak udah survei, blog walking kemana-mana dan menemukan kalau ternyata liburan ke LEGOLAND tuh perlu budget tidak sedikit apalagi dengan 5 family macam kami. Hikks…sedihnya, sepertinya impian itu gak akan terwujud. Setiap kiddos menagih, emak pura-pura amnesia pernah janji.

Ini di waterpark, sesaat setelah "diusir'
Diliputi rasa bersalah, emak pun googling mencari kemungkinan bisa dapat harga murah ke sana, yang kira-kira emak sanggup dan budget bisa diusahakan, dan alhamdulillah di suatu petang yang indah di penghujung Desember 2016 tetiba ada angin segar.  Promo redemption 90% untuk member GFF meski sempat hopeless dengan sisa point yang tersedia. Namun ternyata lebih dari cukup. Tanggal 23 Desember ketika itu. Hati rasanya ingin meloncat keluar ketika berhasil menghubungi Call Center Garuda yang sebelumnya tulalit dan sangat sulit dihubungi, namun hari itu berhasil mendapatkan dua kode booking. Satunya  ke Batam (nantinya  ke Legoland lewat Batam) dan satunya ke Korea (coming soon). Beruntungnya saya karena kemudian besoknya tanggal 24 sudah tidak bisa lagi promo karena quota habis, promo yang sedianya hingga 31 Desember selesai hari itu juga…

Itu cerita bagaimana perjalanan ini berawal...
Detik-detik menuju hari H paspor si ayah baru jadi 
Namun ternyata persiapan liburan ini menguras pikiran dan energi. Drama pengurusan paspor melengkapi persiapan liburan ini. Paspor emak dan si ayah expired, setelah melewati sulitnya pengurusan paspor yang bisa di baca di sini,  akhirnya dua hari sebelum keberangkatan paspor si ayah keluar. Emak bernafas lega dan merasa terberkati. Alhamdulillah,  thanks GOD

Selanjutnya inilah kami di sini, memulai perjalanan yang indah. Anak-anak senang karena sudah lama sekali ingin masuk ke Terminal 3 Ultimate, dan dengan kartu platinum si ayah, kami punya akses untuk menikmati fasilitas sky priority, mulai dari baggage drop, karpet merah hingga lounge. Pelayanan mewah untuk traveling bekpeker ala kami, thanks GOD 

yippie...kapan lagi bisa jalan di karpet merah yah kids
Kamis, 9 February 2017 dengan menumpangi GIA 517, pukul 19.15 pesawat kami take off menuju Batam, setelah delay selama 20 menit yang gak terasa karena anak-anak bisa bermain sepuasnya di playground  ruang tunggu, akhirnya kami mendarat di Batam (oh ya, kami memilih berangkat dari Batam karena sekalian mengunjungi duo syah, sepupu 3F),  kami istirahat sekejap untuk mengumpulkan energi untuk petualangan esok hari (sekejap, karena ternyata sulit memejamkan mata membayangkan esok hari). Perlu energi besar untuk memulai petualangan esok harinya mengingat kami harus mengambil kapal ferry terpagi agar bisa bermain sepuasnya. Tarif ferry dari Batam Centre ke Berjaya Waterfront, Stulang Laut Johor Bahru adalah  295ribu + tax 65 ribu untuk dewasa dan 215ribu + tax 65 ribu untuk anak-anak (under 12 th) , itu sudah tarif pp dan tax dari Batam Center. Hanya perlu menyediakan RM 16 untuk tax pulangnya. Kapal terpagi di mulai pukul 6.30 dengan menggunakan kapal ferry Indomas. Batam dan JB (Johor Bahru) memiliki perbedaan waktu 1 jam, dengan waktu di JB lebih cepat. Waktu tempuh kira-kira 2 jam perjalanan, dengan asumsi jika urusan keimigrasian dan perjalanan dari Harbour ke Hotel lancar, kami bisa sampai pas jam buka theme park yaitu jam 10 pagi. Kami cuma sehari jadi harus bener-bener memperhitungkan waktu.
Ketika delay tak menjadi masalah


di atas kapal indomas 1
Perjalanan lumayan lancar, feri mengambil rute perjalanan melalui perairan sebelah timur Singapore dimana ferry mengambil jalur yang tak terlalu jauh dari garis pantai timur Singapore, bahkan terkadang hanya berjarak puluhan/ratusan meter dari bibir pantai sehingga sepanjang perjalanan kita bisa melihat Singapura disepanjang pesisir timur,  selain keindahan sisi pantai timur Singapore, kita bisa melihat dengan sangat dekat pesawat-pesawat besar yang terbang rendah karena sudah dalam posisi siap untuk mendarat atau baru saja take off.


Begitu merapat kami melalui proses keimigrasian yang mudah, tidak ada antrian panjang seperti waktu antri di imigrasi singapura  yang memakan waktu 1 jam sendiri. Emak cari taxi merah dan cuzzz...kami ke hotel cukup dengn 30 RM. Ssst...rajin nawar yah, karena si Taxi merah ini meski sebenarnya ber argo kita bayar tidak sesuai dengan argo tapi dr kekuatan menawar,  disinilah bermula anak2 takjub mendengar langsung bahasa upin ipin dari percakapan dengan Bapak supir taxi.  
sampai kita di Berjaya Waterfront, Stulang Laut, JB
Itu kisah perjalanan menuju Legoland via Batam Centre. Keseruan di Legoland akan menyusul di tulisan berikutnya. Sebelumnya yuk intip itinerary singkat saya berikut ini. 
Kamis
18.40  Boarding to Batam
20.00  Istirahat (rumah adek)
Jumat
06.30  Menyebrang ke Stulang via Batam Centre
08.30  Merapat ke Stulang (09.30 waktu Malaysia)
(waktu malaysia)
10.00 Taxi ke hotel
10.30  Melapor ke Resepsionis, menitip bagasi
11.00  Main di theme park
15.00  Balik hotel untuk cek in dan lanjut waterpark
18.00  Istirahat
Sabtu
11.00 Cek out
14.00 Kapal ke Batam
Minggu
16.40 Balik Jakarta

No comments