IT'S NEVER TOO LATE TO START YOUR FIRST TRAVEL

Yukkkk.....travelling.
Kenapa? Karena jaman sekarang traveling gak mesti harus punya banyak duit. Ketika naik pesawat bukan lagi untuk kalangan atas, travel around the word menjadi  sangat mungkin. Caranya? Jadi smart traveler aja. Tiket murah mudah di dapat. Bisa nginap di hostel, dormitory, hotel budget, airbnb, couchsurfing.

Makanan susah? Makanan halal sulit didapat? Bawa rice cooker mini, bawa lauk kering, seperti kering teri, kering tempe, rendang apa aja yg bisa tahan berhari-hari (ini terasa banget manfaatnya saat saya di Hongkong, Manila, dimana selain mahal, memang sulit ketemu makanan halal, hahahaha abaikan cerita sembelitnya karena makannya cuman ituuuu saja selama berhari-hari). Satu lagi, mencari makanan halal akan menyita banyak waktu yang harusnya di pakai ke destinasi wisata. Ya kan?


Ga bisa bahasa inggris? Pake bahasa isyarat saja. Kadang2 malah bahasa tubuh lebih mudah di pahami😃.

Semurah apa tiket yg pernah saya dapat:
  • Ke bali ber5 hanya 1,5 juta pp (All passenger include infant)
  • Ke batam ber5 hanya 1,7 juta pp ( All passenger)
  • Ke Seoul 1 juta pp
  • Ke Vietnam, Kamboja 1 juta pp dah 3 negara karena via KL
  • Hongkong Jepang masing2 3 jutaan itu masih tergolong mahal. Karena ada yg bisa dapat 2 juta pake full service lagi. Bahkan lebih murah dr itu.
Terkadang gak lagi niat pengen kemana-mana, tapi kalau tiba-tiba dapat info tiket murah, gak pake mikir langsung booking aja. Belakangan baru menyesuaikan. Why? Kesempatan itu bukan hanya datang sekali, tapi datangnya sekejap mata. Kelamaan mikir dah disamber orang. Karena... tiket murah itu terbatas. Hanya yang yg beruntung bisa dapat, dan keberuntungan bisa didapatkan dengan kegigihan. "Kata salah satu teman baik. Mending nyesel udah beli tiket dari pada nyesel gak beli..." Dan saya sepenuhnya sepakat dengan itu...

Banyak yang suka nanya gimana caranya dapat tiket murah. Bukan lantas ada promo 0 % dari maskapai tertentu, misal air asia, kita dengan mudahnya langsung dapat. Ooo tentu tak semudah itu.  Butuh perjuangan, cocok mencocokkan kalender, gagal dapat murah ditanggal satu coba di tanggal lain, server down hingga kadang hanya bisa hunting pas tengah malam, bagaimanapun gak ada sesuatu yang gratis, butuh minimal usaha begadang dan dapat belek dimata. Usaha menuju harga termurah akan dihargai dengan perasaan puas dan lega begitu berhasil mendapatkannya.

Lalu...kenapa harus jauh-jauh sih pikniknya. Ke Luar Negeri segala, kurang indah apa negeri kita tercinta ini. Keranaaaaa..sering dapat promo tiket murah yah ke LN. Kalau ada tiket murah ke Raja Ampat. Atau ke pantai Ora, Maluku sana, aku juga mau... pake banget malah.

Tiket murah bisa di dapat dengan budget Airlines, macam Air asia, Tigerair, Jetstar, Malindo, kalau di Indonesia ada Lion, Citilink, Wings

Bisa cek di skyscanner, airpazz, traveloka, atau langsung ke official website airline dituju. Kalau beruntung bisa dapat tiket murah dr full service airlines, kalau bedanya dikit, mending full service, karena dah include bagasi dan meal. Daripada beli ketengan jadinya sama aja bahkan lebih mahal.

So...gak usah menunggu kaya utk bisa traveling...

IT'S NEVER TOO LATE TO START YOUR FIRST TRAVEL

Tambahan Tips dapat tiket murah

  1. Cari komunitas traveling, seperti backpacker international, backpacker dunia atau apapun itu kalau niatnya traveling ke LN kalau DN juga banyak seperti menyusuri nusantara yang masih satu group dengan Backpacker Internasional, ada juga backpacker indonesia, and many more. Itu group di Facebook, yang aktif di medsos lainnya silahkan di search grup travelling dan join bersama mereka. Kenapa? Info tiket murah, penginapan murah, pengalaman sesama traveller akan tumpah ruah disana.
  2. Follow twitter, instagram, path (lagi2 medsos) official maskapai penerbangan, info terupdate biasanya paling cepat di dapat di sana jika maskapai tertentu bikin promo
  3. Rencanakan waktu traveling, kalau bisa jangan pilih weekend, atau peak season (hari libur nasional, libur anak sekolah, dll), karena akan sulit menemukan tiket murah di waktu-waktu tersebut. Bikin beberapa opsi, jika opsi pertama gagal, ada opsi berikutnya dan berikutnya lagi.
  4. Cari jarak aman memesan tiket, memesan jauh-jauh hari biasanya lebih murah, 2 atau 3 bulan sebelumnya untuk perjalanan LN
  5. Fleksibel dengan tujuan, terbanglah kemana destinasi promo, bukan kemana anda mau menuju. Apalagi destinasi yang jarang dikunjungin, biasanya harga tiketnya juga miring.


No comments